tumpeng-ulang-tahun
kedai katering kita kedai nabox tumpeng

Tumpeng Hias untuk Acara Ulang Tahun

Tumpeng

Nasi yang berbentuk atau dibentuk kerucut ini berasal dari Indonesia. Nasi berbentuk kerucut ini biasa di kelilingi atau ditata oleh anek macam lauk pauk dan sayuran. Biasanya, olahan nasi yang dipakai untuk menyajikan tumpeng ini adalah nasi kuning. Namun, banyak juga orang yang menyajikan tumpeng ini dengan menggunakan olahan nasi lainnya seperti, nasi putih, nasi uduk dan lainnya.

Tumpeng di Jaman Milenial

Di jaman milenial ini, tidak sedikit anak-anak milenial ini yang melahirkan berbagai macam tumpeng. Mulai dari pilihan olah nasinya yang menghasilkan pilihan warna yang berbeda. Umumnya memang tumpeng itu identik dengan warna kuning. Akan tetapi, di jaman sekarang ini bermunculan warna-warna yang berbeda untuk tumpeng ini. Ada yang warna hijau, ungu, biru, merah, putih dan mungkin masih banyak warna lainnya yang bermunculan di jaman ini. Tidak usah khawatir, walaupun terkesan warna warni, olahan nasi ini dapat di olah dengan memakai warna alami yang di hasilkan oleh bahan makanan lainnya. Jadi tidak berasal dari pewarna makanan. Seperti warna hijau, itu dapat memakai sayuran bayam untuk menghasilkan warna hijau untuk olahan nasi tersebut. warna merah dengan buah bit, warna ungu mungkin dengan ubi ungu.

Pilihan lauk pauk dan sayuran yang mendampingi si tumpeng tidak kalah kreatifnya. Banyak sekali variasi yang bisa dipakai untuk menemani tumpeng. Rasanya, itu sudah pasti tergantung selera masing-masing yang akan menentukan pilihan apa yang akan mendampingi tumpengnya. Biasanya pilihan itu seperti: ayam goreng, bakmi goreng, sambal goreng, telur rawis, perkedel kentang, tempe, tahu, teri kacang, sayur urap dan masih banyak pilihan lainnya. Ini sih tergantung seberapa jauh kita mau berkreatifitas dan juga tergantung dengan selera kita.

Asal Mula Tumpeng

Tumpeng dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia. Biasanya tumpeng itu dipakai untuk acara selamatan, syukuran, ulang tahun dan lain-lain. Mengapa sih tumpeng selalu melengkapi acara slamatan dan syukuran seperti itu?

Tumpeng itu berbentuk kerucut menjulang tinggi seperti gunung. Ini melambangkan geografis di Indonesia yang terdapat banyak gunung dan bukit. Dan tentunya, dahulu kala,  gunung itu dikenal sebagai tempat suci dimana para dewa dan roh leluhur bersemahyam. Lalu tumpeng beserta pilihan lauknya dipakai sebagai persembahan untuk para dewa dan roh leluhur tersebut. Tumpeng mempunya bentuk segitiga yang menjulang tinggi lancip keatas bisa di simbolkan seperti hubungan manusia, alam dan Sang Pencipta diatas.

Semakin berkembangnya jaman, tumpeng digunakan untuk selamatan atau syukuran yang mempunyai makna harapan untuk hidup sejahtera dan penuh berkah. Tumpeng tersebut adalah akronim dari bahasa jawa yang mempunya makna sangat indah yaitu “segala pekerjaan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan serius agar memperoleh hasil yang maksimal”. 

Nah dilihat dari asal mula, bentuk, serta akronim kata tumpeng, dapat disimpulkan kalau makna tumpeng itu sangatlah baik. Agar kita selalu ingat dengan Sang Pencipta, selalu rendah hati, mendengarkan serta menghargai kata-kata orang lain, terhindar dari sifat sombong dan angkuh, melakukan segala pekerjaan dengan serius dan sungguh-sungguh, dan yang terakhir selalu ingat akan semua makhluk hidup di dunia ini akan kembali ke Sang Pencipta.

Pantesan yah tumpeng itu hampir selalu ada di acara syukuran dan slamatan. Doa-doa serta artinya bagus sih..

Kedai Nabox juga bisa bikin tumpeng loh. Dari yang tumpeng besar, maupun sampai yang imut-imut. Jika kalian punya acara apapun, jangan lupakan tumpengnya yah. Kedai Nabox bisa menjadi solusi kalian nih dalam pencarian tumpeng. Tidak usah pusing, hanya cukup hubungi kita saja. Kita yang hiasin dan kasih pilihan yang terbaik untuk acara kalian.

Hubungi Kedai Nabox di halaman ini ya guys.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *